Sunday, January 20, 2008

Menikmati Keindahan Situ Cileunca, Pangalengan

Situ Cileunca. sumber
Situ Cileunca, mungkin nama ini tidak setenar Ciwidey atau pun Lembang. Namun kawasan ini mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dari keduanya. Terletak di kawasan pegunungan Bandung Selatan, situ ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indah.

Selain itu, daerah ini mempunyai hawa yang dingin. Jadi jika Anda hendak berkunjung ke situ ini, siapkan pakaian yang cukup hangat. Situ ini di kelilingi oleh pegunungan yang ditumbuhi tanaman budidaya sayur mayur. Di tengah-tengah situ, kita bisa menikmati kebun arbei dan strawberry, hanya dengan tiket yang sangat murah, yaitu Rp2.500.

Situ Cileunca berada di daerah Pangalengan, yang notabene merupakan penghasil susu murni terbesar di Jawa Barat. Sehingga tidak sulit untuk menemukan peternakan sapi di daerah ini.

Situ ini bisa menjadi alternatif wisata, apabila Anda sedang berkunjung ke daerah Bandung, khususnya jika Anda telah bosan dengan suasana Ciwidey atau Lembang yang kian ramai dan macet saat liburan datang.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa mengaksesnya dari beberapa jalan, di antaranya jalan Kopo-Warung Lobak-Banjaran-Pangalengan-Situ Cileunca. Atau bisa dari jalan Buah Batu-Bojong Soang-Banjaran-Pangalengan-Situ Cileunca.

Soo, jangan ragu-ragu untuk mengunjungi kawasan yang satu ini.