Sunday, January 27, 2008

Jepang Ingin Jadikan Bulan Sebagai Sumber Listrik

Maket sumber listrik masa depan.
Perusahaan Jepang di bidang arsitektur dan teknik, Shimizu, berencana untuk menjadikan bulan sebagai pembangkit listrik tenaga surya raksasa, seperti yang dilaporkan oleh Inhabitat, yang dikutip dari businessinsider.

Mereka berencana membangun sebuah panel raksasa, dengan ukuran panjang 6.800 kilometer dan lebar 12 kilometer di permukaan bulan. Ini tentu bukan pekerjaan mudah bagi manusia, oleh sebab itu mereka akan melakukannya dengan robot.


Setelah selesai dibangun, panel ini akan mengirimkan energi di stasiun penerima di Bumi, dengan cara menggunakan laser seperti microwave. Perusahaan tersebut mengatakan, panel ini mampu mengirimkan listrik sekitar 13.000 terrawatts ke Bumi. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat di tahun 2011, mampu menghasilkan listrik sekitar 4.100 terrawatts.

Pemikiran ini memang menimbulkan sikap skeptis, di mana akan sukit terwujud. Tapi dengan gigih, Shimizu akan mewujudkan mimpi tersebut menjadi kenyataan. Karena in merupakan sumber energi yang tidak menimbulkan polusi, dan membawa kesejahteraan bagi alam semesta, terutama Bumi itu sendiri.