Monday, January 28, 2008

7 Cara Sehat Memasak Sayur

Sayuran.
Sayur merupakan bahan makanan yang harus selalu tersedia dalam menu makan kita. Sayur sangat baik untuk saluran pencernaan, karena mengandung banyak serat. Selain itu, sayuran kaya akan zat gizi.

Namun terkadang banyak zat gizi dalam sayur yang hilang, saat pengolahaannya. Baik itu terlalu lama saat dimasak, atau cara memasak yang menyebabkan zat gizi dalam sayur berkurang.

Untuk itu, Anda perlu tahu, bagaimana mengolah sayur yang baik, agar zat gizi di dalamnya tidak hilang dan berkurang. Berikut 7 cara mengolah sayur yang kami kutip dari Boldsky:

1. Dikukus. Cara memasak ini merupakan cara yang paling sehat, karena sayuran tidak bersentuhan langsung dengan panasnya alat masak, tetapi melalui uap air.

2. Memanggang. Salah satu cara memasak ini tidak mengubah dan mengurangi zat gizi dalam sayur, tambahkan juga minyak zaitun untuk menambah rasa.

3. Tambahkan garam. Garam dapat menambah citarasa dalam sayur, selain itu, juga menjaga sayur terlihat tetap segar.

4. Memasak cepat. Saat ingin menumis sayuran, jangan biarkan sayur terlalu lembek. Anda harus memasak sayur dengan cepat saat penggorengan dalam keadaan panas, sehingga zat gizi tetap terjaga.

5. Mendidihkannya. Sayur bisa juga di masukkan dalam air yang mendidih, sehingga zat gizi di dalamnya tidal berkurang.

6. Membuat sayur mentah. Untuk menambah rasa dan menjaga kandungan gizi maksimal dalam sayur, Anda bisa memakannya dalam keadaan mentah. Contohnya, siapkan sayuran yang telah dipotong-potong, lalu siapkan juga air matang dengan berbagai bumbu, sesuai selera, lalu masukkan sayur, dan siap dimakan.

7. Microwave. Memasak sayur di dalam microwave, bisa memaksimalkan kandungan gizi di dalamnya.