Sunday, January 13, 2008

Tips Mengatasi Bayi yang Hiperaktif

Bayi hiperaktif.
Kebanyakan orangtua akan direpotkan oleh bayi yang hiperaktif. Bagaimana tidak, mereka sering tidak bisa mengerjakan tugas lainnya sebagai ibu rumah tangga, atau direpotkan dengan tingkah lakunya.

Bayi yang hiperaktif juga sering membuat orangtua was-was, karena mereka tidak mempunyai rasa takut, saat bermain yang bisa saja menyakiti mereka. Oleh sebab itu, orangtua perlu hati-hati terhadap tingkah bayi hiperaktif.

Tapi Anda bisa mengontrol bayi yang hiperaktif ini, asalkan Anda tahu caranya. Sehingga Anda bisa mengerjakan tugas lainnya. Berikut cara-cara yang Anda bisa lakukan untuk mengatasi tingkah pola bayi hiperaktif, yang kami lansir dari Boldsky:

  1. Tidurkan. Pastikan bayi cukup mendapatkan tidur, dan jangan mengganggunya saat ia tertidur. Biarkan suasana juga mendukung bayi untuk tidur.
  2. Mandi air hangat. Bayi biasanya senang saat bermain air, berikan ia air hangat saat mandai, dan beri wewangian di airnya, agar bayi santai. Mandi air hangat bisa membuat bayi tenang karena memberikan efek peregangan pada otot-ototnya.
  3. Berikan lagu santai. Bayi biasanya senang dengan musik. Berikan ia lagu yang tenang, agar bayi bisa lebih santai.
  4. Jalan-jalan dengan kereta bayi. Ajak bayi jalan-jalan dengan kereta, efek getaran dari kereta bayi, biasanya membuat bayi cepat tidur.
  5. Beri makan. Pastikan bayi Anda cukup makan, biasanya bayi akan lebih aktif saat perutnya tidak terisi makanan, terutama menjelang malam hari, pastikan ia cukup diberi makan agar tidak rewel.

Cara-cara ini mungkin saja bisa berbeda dari satu bayi ke lainnya. Atau Anda mempunyai cara sendiri? Silahkan berkomentar di sini.