Sunday, January 13, 2008

Adu Uji Hemat Pertamax dan Premium pada Mio

Sumber klik: Pilihan bahan bakar
Kutipan dari Situs Pertamina: "Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) beroktan tinggi hasil penyempurnaan produk Pertamina sebelumnya. Formula barunya yang terbuat dari bahan baku berkualtas tinggi memastikan mesin kendaraan bermotor anda bekerja dengan lebih baik, lebih bertenaga, “knock free”, rendah emisi, dan memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar."


Itulah kutipan mengenai pertamax, namun apakan Anda menyadarinya dari iklan-iklan yang terdapat di media massa, online dan televisi. Yang mana selalu memberitakan tentang kehematan bahan bakar pertamax tersebut? Nah di sini saya hanya memberikan opini dan pengalaman atas apa yang telah saya dapatkan.


Baik itu pertamax maupun premium merupakan pilihan bakan bakah bagi kendaraan kita, terutama saya sebagai karyawan yang menggunakan motor. Adakalanya kita selalu membandingkan keefisienan dan keefektifan terhadap bahan bakar. Baik itu dari segi volume bahan makar maupun segi nominal uang yang dibayarkan.


Namun pernahkah Anda membandingkan secara tepat, mana yang lebih efisien dan efektif? Sejak beberapa minggu yang lalu saya selalu berganti-ganti bahan bakar tersebut. Adakalanya saya menggunakan pertamax ada kalanya saya menggunakan premiun. Namun hasil yang tak terduga saya dapatkan.


Dengan memakai primium dengan volume (liter) yang sama dengan pertamax, premium malah lebih irit di bandingkan pertamax. Namun jika di tinjau dari masalah mesin, pertamax lebih unggul dengan kehalusan mesinnya. Mengutip dari pengertian pertamax dari pertamina. Di situ tertulis "memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar," di mana ada kata "memungkinkan" jadi tidak selamanya kita dapat menghemat bahan bakar dengan premiun. Namun dari segi perawatan saya sakin jika pertamax akan lebih mengawetkan mesin kendaraan.


Demikianlah perbandingan singkat yang saya sendiri lakukan pada kendaraan, khususnya mio yang saya gunakan. Jadi pilihan kembali ke tangan Anda segabai pengguna bahan bakar. Apakah mau menghemat mesin atau menghemat uang.